Aplikasi Edit Jadi Video
Sumber Gambar: Canva Pro

Kehadiran aplikasi edit foto jadi video berikut ini, dapat membantu mengubah gambar menjadi gerakan dengan cara yang mudah dan praktis. Di era serba digital seperti sekarang ini, mengedit foto telah menjadi bagian penting dalam kreativitas visual.

Akan tetapi, pernahkah terlintas ide untuk mengubah gambar menjadi video bergerak yang lebih mengesankan? Cara ini bisa dilakukan dengan sangat mudah, karena hanya perlu bantuan sebuah aplikasi untuk melakukannya.

Bahkan saat ini ada beberapa aplikasi yang bisa Anda pilih dan gunakan sesuai dengan kebutuhan. Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai aplikasi yang bisa mengubah gambar atau foto menjadi video.

 

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Menjadi Video Terbaik 2023

Aplikasi Edit Foto jadi Video
Sumber Gambar: Canva Pro

Seiring berkembangnya media sosial dan platform berbagi video seperti Instagram, TikTok, dan YouTube. Video telah menjadi format yang sangat populer untuk berbagi kisah, momen dan kreativitas kita dengan banyak orang secara online.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika mengubah foto menjadi video telah menjadi salah satu cara yang fantastis. Untuk menyajikan cerita atau portofolio Anda dengan cara yang lebih dinamis dan menarik.

Nah, untuk membantu mengubah foto atau gambar menjadi video yang bergerak, maka Anda bisa mencoba salah satu aplikasi di bawah ini:

1. Animoto

Rekomendasi aplikasi edit foto jadi video adalah Animoto, yang merupakan sebuah platform yang memungkinkan Anda untuk dapat mengubah foto menjadi video. Untuk membuat video Anda menarik, Anda juga bisa memasukkan musik sebagai latar belakang video.

Cara menggunakan aplikasi ini pun, terbilang cukup mudah kok. Sebab Anda tinggal memilih dan menggabungkan koleksi foto atau gambar yang ingin Anda jadikan sebagai video. Jangan lupa juga untuk menambahkan efek transisi yang sudah tersedia di dalam aplikasi ini.

Selain itu, Anda juga bisa memilih berbagai template yang tersedia secara gratis ya.

Namun meski memiliki banyak kelebihan, rupanya Anda hanya bisa membuat video dengan durasi yang terbilang cukup pendek.

Akan tetapi hal ini bukan menjadi masalah besar ya, sebab video yang dibuat berdasarkan koleksi foto memang akan lebih menarik jika memiliki durasi yang tidak terlalu panjang.

2. Magisto

Berikutnya ads Magisto yang merupakan sebuah aplikasi cerdas yang bisa Anda manfaatkan untuk mengubah koleksii foto dan gambar menjadi video yang mengagumkan.

Hampir sama seperti aplikasi sebelumnya, di dalam aplikasi ini juga tersemat berbagai fitur keren yang bisa Anda gunakan untuk memberikan penyesuaian terhadap video yang sedang Anda buat. Seperti fitur untuk menambahhkan musik, efek hingga template dengan berbagai gaya yang bisa Anda sesuaikan dengan konten visual Anda ya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bahkan dapat membuat video dengan hasil yang terlihat lebih professional.

3. Adobe Premiere Rush

Jika kedua aplikasi edit foto jadi video di atas masih terasa asing bagi Anda. Maka Anda bisa memilih aplikasi satu ini. aplikasi ini sendiri merupakan salah satu aplikasi edit video terbaik dan professional. Dengan berbagai tools dan fitur yang ada di dalamnya.

Termasuk sebuah tools yang memungkinkan Anda untuk menggabungkan foto, video, teks hingga efek khusus untuk membuat video yang luar biasa.

4. FilmoraGo

Tak kalah populer dari aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga sudah terkenal di kalangan para editor video loh. FilmoraGo adalah aplikasi edit video yang ramah bagi penggunanya dan sangat cocok untuk pemula.

Hadir dengan interface yang sederhana, Anda akan dapat mengoprasikan aplikasi ini dengan sangat mudah. Meskipun baru pertama kali mencobanya.

Anda dapat dengan mudah menggabungkan foto, menambahkan musik, dan mengedit video Anda dengan alat yang sederhana dan intuitif.

5. InShot

Berikutnya ada aplikasi aplikasi mobile yang populer untuk mengedit video dan foto yang bernama InShot. Aplikasi ini sendiri memiliki berbagai fitur termasuk pemotongan, penyesuaian warna, musik, teks, dan efek transisi untuk membuat video menarik dari foto Anda.

Sebagai aplikasi mobile, InShot juga memiliki tampilan antar muka yang sederhana namun tetap intuitif. Sehingga membuat aplikasi ini lebih ramah bagi pemula bahkan yang baru belajar edit video ya.

6. Kapwing

Kapwing adalah platform berbasis web yang memungkinkan Anda membuat video dari foto dan video dengan cepat. Platform ini sendiri menawarkan berbagai alat pengeditan dan efek sederhana untuk menciptakan konten yang menarik.

Nah, Kapwing bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tidak ingin menginstall sebuah aplikasi. Karena Anda bisa membuat video dari koleksi foto secara online melalui situs web yang Anda akses lewat aplikasi browser.

7. PhotoGrid

PhotoGrid adalah aplikasi mobile yang memungkinkan Anda menggabungkan foto, musik, teks, dan stiker menjadi video. Aplikasi edit foto jadi video ini juga memiliki opsi untuk membuat kolase dan slideshow foto loh.

8. iMovie

Sesuai dengan namanya, aplikasi iMovie sendiri merupakan sebuah aplikasi untuk pengeditan video yang dikembangkan oleh Apple. Dan hadir khusus untuk pengguna Mac dan iOS. Aplikasi ini sangat user-friendly dan cocok untuk mengedit foto menjadi video dengan tambahan musik dan efek.

Namun tentu saja, aplikasi ini hanya kompatibel untuk perangkat dari Apple.

9. Windows Movie Maker

Nah, solusi bagi pengguna yang tidak memiliki perankat dari Apple adalah aplikasi yang bernama Windows Movie Maker ini ya. Karena aplikasi edit foto jadi video ini sendiri kompatibel bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows, Windows Movie Maker.

Aplikasi ini sendiri adalah aplikasi pengeditan video gratis yang dapat membantu Anda membuat video dari foto dengan mudah.

10. VivaVideo

Dan rekomendasi terakhir adalah sebuah aplikasi mobile bernama VivaVideo. Pasti Anda juga sudah tidak asing dengan pengeditan video mobile satu ini. Karena aplikasi ini memang memiliki banyak penggemar, terutama mereka yang suka mengedit video dengan perangkat mobil.

Namun meski aplikasi ini adalah aplikasi mobile, VivaVideo sendiri memiliki berbagai fitur keren, termasuk pemotongan, pengaburan, dan efek transisi. Anda dapat mengubah foto menjadi video dengan tambahan musik dan teks.

 

Cara Edit Foto Jadi Video dengan Mudah

Sumber Gambar: Canva Pro

Bagi Anda yang belum tahu cara mengedit video dari koleksi foto, Anda bisa mencoba simak panduan di bawah ini:

1. Pilih Foto

Pilih foto-foto yang ingin Anda gunakan dalam video, pastikan jika foto foto tersebut memiliki kualitas yang baik agar tidak mempengaruhi kualitas video yang Anda buat nantinya.

2. Susun Urutan

Tentukan urutan foto-foto Anda sesuai urutan yang Anda inginkan untuk membuat visual video yang menarik.

3. Tambahkan Efek Transisi

Gunakan efek transisi untuk membuat perpindahan antara foto yang mulus. Cara ini sendiri juga akan membuat video Anda terlihat lebih profesional.

4. Tambahkan Musik

Pilih musik yang sesuai dengan mood atau tema video Anda, karena musik sendiri memberikan atmosfer yang kuat pada karya Anda.

5. Sunting Durasi

Sesuaikan durasi masing-masing foto dan efek transisi sesuai keinginan Anda.

6. Ekspor dan Bagikan

Setelah selesai, ekspor video Anda dalam format yang sesuai dan bagikan dengan teman, keluarga, atau audiens Anda di media sosial.

 

Pada dasarnya cara untuk membuat video dari koleksi foto hampir sama, namun terkadang ada sedikit perbedaan dari aplikasi edit foto jadi video dan aplikasi lainnya. Sehingga Anda bisa melakukan penyesuaian saja dan pilih aplikasi sesuai dengan kebutuhan, selamat mencoba!


Post a Comment