Dunia editing telah mencuat semenjak merebaknya konten-konten publik yang beredar di media sosial seperti Youtube, Tiktok, Instagram maupun Twitter. Tak bisa dipungkiri, dengan semakin modern suatu era maka akan semakin berkembang pula teknologi, tak terkecuali untuk editing foto maupun video. Salah satu cara agar konten yang diupload pada media sosial haruslah bagus dari segi penampilan maupun isinya, untuk itu proses editing terbilang sangat penting.

Berbicara mengenai dunia editing baik foto maupun video, saat ini banyak sekali aplikasi yang menyediakan jasa tersebut. Semua aplikasi seolah berlomba-lomba untuk menghadirkan penggunaan yang nyaman dan juga mudah bagi pengguna. Namun dari sekian banyak aplikasi editing, terdapat 5 aplikasi yang paling mudah digunakan dan bisa dikatakan terbaik dari lainnya. Lalu apa saja aplikasi tersebut? Cek ulasan di bawah ini!

1. Canva

                                                                    Foto: Canva

Yang pertama ialah aplikasi Canva, merupakan aplikasi editing yang sangat populer akhir-akhir ini. Bukan hanya bualan belaka, nyatanya aplikasi buatan Perusahaan Canva asal Sydney ini menjadi top aplikasi dalam hal editing foto dan juga template. Di dalam Canva sendiri menyediakan beragam contoh template foto, brosur, CV, selebaran, iklan, undangan, logo dan masih banyak lagi. Tak heran aplikasi ini menjadi yang terbaik di bidang tersebut. Selain itu untuk para siswa juga bisa memanfaatkannya untuk mencari template PPT. Dengan berbagai kelebihan tersebut, cukup kuat alasan mengatakan bahwa Canva ialah aplikasi editing yang ramah pemula dan terbukti kualitasnya.

2. Kinemaster


                                                                Foto : Kinemaster

Aplikasi selanjutnya ialah Kinemaster, merupakan salah satu aplikasi yang bergerak di bidang editing video. Buat kamu yang masih pemula dan masih belum bisa menggunakan editing video lanjutan dengan mengatur ini itu, maka Kinemaster dapat menjadi solusi utamanya. Dengan memakai aplikasi ini kamu tidak perlu repot-repot mencari efek video, suara, transisi, klip dan text karena telah tersedia di toko lobby Kinemaster. Hasilnya kamu tidak perlu lagi mencari efek yang populer karena sudah disediakan oleh pihak pengembang aplikasi, selain itu video yang terdapat di dalamnya bisa kamu atur sesuka hati. Terdapat banyak alat mulai dari cut, ekstrak audio, layer, mark dan masih banyak lagi, sehingga aplikasi ini sangat worth it untuk digunakan.

3. Pixellab


                                                                        Foto : Pixelab

Kamu seorang yang kreatif namun masih pemula dalam membuat photo editing dan juga logo? Mungkin Pixellab ialah aplikasi yang sangat kamu butuhkan. Mengapa tidak? Dengan Pixellab kamu bisa mengembangkan kekreativitasan, karena di dalam aplikasi ini tidak terdapat template. Walau begitu masih banyak fitur yang tersedia dan lebih rinci ketika proses editing di mulai, seperti cut foto, layer, opacity, blur, transparan, lock mode dan draw mode. Pixellab juga dikenal sebagai aplikasi pembuat logo yang paling mudah digunakan, selain itu aplikasi ini juga ramah dari segi ukuran file.

4. Capcut

Foto : Cap Cut


Siapa sih remaja yang tidak mengenal Capcut? Pastinya semua orang pun pasti kenal dengan aplikasi super duper mudah dan sangat populer saat ini. Kenyataannya memang begitu, Capcut merupakan aplikasi yang bergerak dalam segi editing video. Aplikasi yang mencuat dan pernah menjadi top 1 editing application di Playstore ini mulai naik daun pada masa pandemi Covid 19 kemarin. Dengan menyediakan berbagai template video dan juga efek yang sangat di luar ekspektasi, membuat nama Capcut saat ini diakui sebagai aplikasi editing terbaik. Kamu bisa menemukan beragam tipe template video dan juga efek disini, sehingga konten kamu akan semakin ramai karena template ini juga selaras dengan tren saat ini.

5. Picsay Pro

                                                                        Foto : Picsay

Kamu termasuk anak meme dan ingin membuat meme kalian semakin terlihat lucu saat di post? Picsay Pro adalah solusinya. Seperti yang kamu tahu, saat ini dunia meme semakin merambah luas bahkan ke tingkat internasional sehingga konten-konten meme sangatlah dicari dan banyak peminat. Aplikasi Picsay Pro ini menyediakan alat-alat yang bisa membuat foto mentahan meme kamu menjadi semakin menarik. Hal ini karena adanya efek khusus yang memang diciptakan untuk memperlucu sebuah foto, seperti mengembung, menciut, blur atau bahkan efek merah. Lalu apakah fitur-fitur tersebut sulit digunakan? Tentu saja tidak, karena Picsay Pro sangat ramah bagi pemula. Dengan kata lain kamu bahkan bisa membuat meme dengan kekreativitasan sendiri tanpa kesusahan sekalipun.

 

Nah itulah tadi 5 aplikasi editing terbaik dan paling mudah digunakan untuk pemula sekalipun. Jadi jangan bingung lagi sekarang mau mencari aplikasi apa yang tepat untuk proses editing, cukup cari saja kelima aplikasi diatas. Jadi bagaimana tertarik untuk mencobanya?

Post a Comment