Foto : lampunesiacom

Pengguna Windows di tahun 1995 tentu tidak asing lagi dengan wordpad. Dengan menggunakan aplikasi pengolah kata ini, Anda dapat membuat dokumen seperti laporan, surat, memo dan dokumen lainnya. Aplikasi ini memang aplikasi pengolah kata yang sangat dasar yang tidak dapat memeriksa ejaan maupun tata bahasa.

Aplikasi Wordpad Tak Ada Lagi di Windows Terbaru

Awal September 2023 ini, Microsoft memberi pernyataan melalui situs resminya akan menghapus wordpad pada rilis Windows mendatang dan tidak lagi diperbarui. Sebagai penggantinya, mereka merekomendasikan Microsoft word untuk dokumen seperti .rtf dan .doc, serta Windows notepad untuk teks biasa seperti .txt.

Wordpad memang terbilang cukup lama tidak mendapatkan pembaruan dari Microsoft. Terakhir aplikasi pengolah kata ini diperbarui dengan antarmuka Ribbon UI pada Windows 7 tahun 2007. Pembaruan nya meliputi 7 tab baru yang menampilkan tab home, insert, page layout, references, mailing, review dan tab view.

Pada Windows 8 yang dirilis tahun 2012 WordPress mendapatkan sedikit perombakan desain. Namun hingga tahun 2023 ini belum ada pembaruan yang signifikan. Microsoft memilih untuk menghapus wordpad dari Windows.

Notepad Pengganti Wordpad

Notepad yang merupakan aplikasi pengganti wordpad fitur-fiturnya akan diperbarui, dilakukan pemulihan tab dan penyimpanan secara otomatis. Saat ini versi terbaru Notepad hanya tersedia pada Program Windows Insider di saluran Canary dan Dev di Windows 11.

Pada uji coba aplikasi notepad dapat ditutup tanpa adanya kotak dialog yang menanyakan apakah pengguna ingin menyimpan perubahan untuk setiap file teks. Ini menandakan bahwa Notepad melakukan penyimpanan secara otomatis.

Dikutip dari blog Windows Insider Program, dengan pembaruan terbaru notepad akan menyimpan status sesi Anda secara otomatis. Anda dapat menutup novel tanpa adanya dialog yang dapat mengganggu. Bagian terakhir otomatis tersimpan dan anda dapat melanjutkannya saat membukanya kembali.

Tab yang dibuka akan dipulihkan secara otomatis serta konten dan pengeditan yang belum disimpan di seluruh tab tetap ada. Anda dapat memilih apakah akan menyimpan atau membuang perubahan yang belum disimpan, kapanpun atau saat akan menutup tab.

 

Muhammad badwi

Muhammad badwi

Nama Saya Muhammad Badwi
Post a Comment