Sumber Gambar: Canva Pro

AI atau Artificial Intelligence adalah sebuah teknologi kecerdasan buatan yang sedang berkembang pesat, perkembangannya ini pun memunculkan istilah AI atau istilah istilah baru. Dan masih asing di telinga banyak orang.

Nah, untuk itu di sini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa istilah yang biasa hadir di dalam teknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.

 

Apa itu Artificial Intelligence atau AI?

Sumber Gambar: Canva Pro

Artificial Intelligence atau yang biasa dikenal dengan istilah AI merupakan bidang baru di dalam ilmu komputer dan perkembangan teknologi saat ini. Karena pengembangannya berkaitan dengan sistem komputer yang mampu melakukan tugas-tugas tertentu yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia.

Inilah mengapa, AI juga disebut sebagai kecerdasan buatan. AI sendiri bertujuan untuk menciptakan mesin atau program komputer yang mampu mengeksekusi tugas-tugas tertentu. Dengan tingkat kecerdasan atau pemahaman yang mendekati atau bahkan melebihi kemampuan manusia.

Teknologi AI sendiri mencakup berbagai teknik dan pendekatan untuk mencapai tujuan, termasuk di dalamnya adalah Machine Learning, Deep Learning, Natural Language Processing atau NLP dan masih banyak yang lainnya.

Nah, istilah istilah tersebut merupakan istilah baru yang hadir beriringan dengan kemunculan dan perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau AI. Beberapa istilah bahkan terdengar asing bagi sebagian besar orang ya.

Padahal istilah istilah ini merupakan istilah yang biasa digunakan di dalam teknologi Artificial Intelligence atau AI ini. Sehingga jika Anda ingin lebih mengenal dan mempelajari teknologi kecerdasan buatan, maka Anda juga wajib mengetahui istilah AI dan pengertiannya.

 

Istilah AI yang Wajib Anda Pahami Untuk Mengungkap Teknologi Kecerdasan Buatan

Sumber Gambar: Canva Pro

Istilah istilah yang ada di dunia AI memang terdengar cukup kompleks dan asing. Namun dengan mengetahui dan memahami istilah istilah tersebut, bisa menjadi kunci bagi Anda untuk mulai memahami teknologi yang sedang berkembang dengan pesat ini ya.

Pastinya Anda juga sudah tahu, jika semakin hari teknologi AI berkembang semakin cepat. Bahkan teknologi ini digadang-gadang sebagai teknologi masa depan yang akan mengubah sudut pandang kita terhadap dunia termasuk dalam melakukan kegiatan sehari-hari dan pekerjaan.

Untuk itulah di sini muhammadbadwi.com akan memberikan daftar istilah AI yang sering digunakan beserta dengan artinya ya:

1. Machine Learning

Salah satu cabang utama AI,  yang mana sistem komputer belajar dari data yang diberikan dan menggunakan pengetahuan yang diperoleh untuk membuat prediksi atau mengambil keputusan. Tanpa perlu pemrograman yang eksplisit.

2. Deep Learning

Merupakan subbidang dari machine learning namun lebih fokus terhadap pengembangan model komputer yang disebut sebagai jaringan saraf tiruan atau neural networks. Dan mempunyai banyak lapisan atau deep.

Teknologi ini memberikan kemampuan otomatis memahami dan mengambil representasi fitur yang semakin abstrak dari data yang kompleks.

3. Natural Language Processing (NLP)

Teknologi ini memungkinkan komputer untuk dapat memahami, lalu memproses hingga akhirnya menghasilkan Bahasa yang digunakan oleh manusia. Seperti Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Korea dan Bahasa lainnya di seluruh dunia.

Kehadiran teknologi dapat Anda lihat pada chatbots, analisis teks atau penerjemahan otomatis.

4. Computer Vision

Merupakan kemampuan komputer untuk memahami dan menganalisis visual, seperti gambar dan video. Teknologi ini biasanya digunakan dalam pengenalan wajah, penglihatan mesin, dan kendaraan otonom.

5. Robotics

Integrasi AI dalam robot untuk membuat teknologi ini menjadi mampu bergerak, berinteraksi dengan lingkungannya dan melakukan tugas-tugas fisik layaknya seperti manusia ya.

6. Reinforcement Learning

Merupakan salah satu jenis machine learning yang memungkinkan mesin atau teknologi AI untuk belajar dari interaksi yang dilakukan dengan lingkungannya. Dengan metode menerima dan memberikan umpan balik.

Sederhananya, jika mesin AI akan merespon data yang penggunanya berikan lalu mengolah data tersebut untuk mengambil tindakan sesuai dengan data data yang sudah dimasukkan.

7. Expert Systems

Sistem AI yang satu ini dirancang secara untuk meniru pengetahuan dan keahlian seorang ahli dalam suatu bidang tertentu. Teknologi ini sendiri digunakan dalam diagnosis medis, perencanaan bisnis, dan masalah pemecahan masalah yang kompleks.

8. Machine Vision

Kemampuan mesin untuk melihat dan memahami dunia fisik, serupa dengan manusia. Teknologi ini digunakan dalam inspeksi otomatis, kualitas produk hingga termasuk pengawasan industri.

9. Data Training

Data Training adalah tahap di mana model AI belajar dari data-data yang dikumpulkan. Teknologi AI akan mendapatkan dan mengumpulkan data dari penggunanya.

Data ini kemudian digunakan untuk melatih teknologi AI sehingga dapat mengenali pola dan membuat prediksi yang akurat.

10. Data Labeling

Data Labeling adalah proses menandai atau memberi label kepada data untuk mengidentifikasi apa yang ada dalam data tersebut. Keberadaan teknologi ini sangat penting bagi perkembangan mesin AI.

11. Big Data

Big Data adalah istilah AI yang merujuk pada volume besar data yang dihasilkan setiap hari. Sehingga membuat AI memiliki hingga memainkan peran yang sangat penting dalam menganalisis dan memanfaatkan Big Data.

12. IoT (Internet of Things)

IoT adalah jaringan perangkat fisik seperti sensor, peralatan rumah tangga dan mobil yang terhubung ke internet dan dapat berinteraksi dengan AI untuk memberikan layanan yang lebih cerdas.

13. Supervised Learning dan Unsupervised Learning

Supervised Learning adalah jenis Machine Learning yang mana mesin akan belajar dari data yang sudah diberi label, sementara Unsupervised Learning adalah ketika mesin AI belajar dari data tanpa label.

14. Algorithm atau Algoritma

Algorithm atau yang biasa dikenal dengan algoritma mungkin menjadi salah satu istilah AI yang bisa Anda dengar ya. Istilah ini sendiri merujuk pada urutan langkah-langkah yang digunakan oleh AI untuk memproses data dan mengambil keputusan.

Contohnya adalah algoritma pengklasifikasi, regresi dan pengelompokan.

15. Bias dan Fairness

Istilah Bias yang ada di dalam AI merujuk pada ketidakseimbangan atau ketidakadilan dalam data yang digunakan untuk melatih mesin AI. Fairness berarti memastikan bahwa model AI tidak diskriminatif atau berlaku tidak adil dalam pengambilan keputusan.

16. Explainability (Keterbacaan Model)

Explainability adalah kemampuan untuk menjelaskan dan memahami alasan di balik keputusan yang dibuat oleh mesin AI.

Kehadiran teknologi ini sendiri cukup penting untuk memastikan transparansi dan kepercayaan dalam penggunaan AI.

 

Teknologi AI atau kecerdasan buatan memang memiliki potensi yang besar untuk mengubah banyak aspek di dalam kehidupan manusia ya. Contohnya di bidang industri, pelayanan, transportasi, hiburan bahkan hingga kesehatan. Dan masih banyak lagi teknologi AI yang dikembangkan untuk industri industri lainnya.

Perkembangan dan penggunaan AI yang semakin luas ini juga turut menimbulkan berbagai pertanyaan. Mulai dari keamanan hingga apakah AI nantinya akan mengambil alih dunia.

Nah, untuk itulah penting bagi kita agar mengetahui bagaimana sistem kecerdasan buatan ini bekerja dan bagaimana perkembangannya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempelajari teknologi Artificial Intelligence atau AI ini.

Dan hal tersebut bisa Anda mulai dengan mengenal istilah AI untuk membantu Anda memahami mengenai konsep teknologi kecerdasan buatan. Dengan begitu, manusia tidak akan tersingkir oleh kehadiran teknologi ini melainkan memanfaatkannya untuk membantu meringankan pekerjaan. Dan pastinya gunakan teknologi ini secara bijak dan cermat ya.


Post a Comment